Sistem Tangki Atap Pada Gedung

with No Comments

Sebelumnya sudah kita bahas apa saja sistem yang digunakan pada gedung bertingkat untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi setiap orang yang didalamnya. Salah satu sistem yang dapat diterapkan pada gedung bertingkat adalah Sistem Tangki Atap. Sistem Tangki Atap memang terbilang lebih rumit dibandingkan dengan Sistem Sambungan Langsung yang hanya memerlukan pasokan air bersih langsung dari pipa utama perusahaan air bersih daerah. Jika dengan menggukan Sistem Sambungan Langsung, kurangnya tekanan air menyebabkan air akan sulit menjangkau lantai teratas pada gedung, tidak demikian dengan Sistem Tangki Atap dengan menggunakan cadangan air bersih pada gedung.

Sistem Tangki Atap mampu memenuhi kebutuhan air bersih bahkan untuk lantai teratas gedung tinggi, karena menggunakan prinsip kerja gravitasi adalah keunggulan yang banyak diminati para pengembang gedung-gedung tinggi. Di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Sistem Tangki Atap adalah sistem yang paling banyak digunakan untuk memberikan pasokan air bersih digedung-gedung bertingkat. Pada sistem ini, air bersih akan ditampung didalam tangki tanam terlebih dahulu, kemudian air akan di alirkan ke tangki atap yang umumnya berada dilantai paling atas gedung dengan bantuan pompa. Kemudian air yang sudah tersimpan didalam tangki atap akan dialirkan keseluruh lantai dalam gedung.

Alasan utama yang menjadi dasar penerapan Sistem Tangki Atap adalah selama air digunakan,hampir tidak ada perubahan tekanan yang terjadi pada alat plumbing, perubahan tekanan biasanya hanya dikarenakan muka air dalam tangki atap. Alasan berikutnya adalah sistem pompa yang mengalikan air tangki atap bekerja secara otomatis dengan sangat sederhana sehingga sangat kecil kemungkinan timbulnya hambatan. Pompa umumnya dinyalakan atau dimatikan oleh pelampung otomatis yang terdapat didalam tangki atap. Dari segi perawatan, tangki atap terbilang sangat mudah dan tidak membutuhkan perawatan khusus.

Jika Sistem Tangki Atap diterapkan pada gedung-gedung yang cukup besar, alangkah baiknya menyediakan pompa cadangan yang mendistribusikan air dari tangki tanam ke tangki atap, hal ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan air bila ada kerusakan pada satu pompa. Hal yang paling penting dalam Sistem Tangki Atap adalah menentukan letaknya, diletakkan diatas atap atau dengan menggunakan menara khusus serta harus diperhitungkan dengan baik agar lokasi penempatan tangki atap dapat menahan bobot tangki atap yang penuh dengan air.

Follow Alvian Saputra Andri:

Latest posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WA +62 5989 4246 / +62 813 1068 7778